Saturday, September 15, 2007

Marathon vs Sprint

Puasa-puasa gini mo lari-lari? :D Apalagi di luar panas banget. Siang-siang begini anugerah yang terindah sepertinya bobok siang dech. Yah, sebelum memasuki bulan Ramadhan kemaren banyak yang berharap dan berdoa agar dicukupkan umurnya sehingga menjumpai Ramadhan tahun ini -kecuali yang nggak pengin-. Ramadhan yang ditunggu, Ramadhan yang dinanti kini telah hadir di tengah-tengah kita. Alhamdulillah... kita masih ketemu Ramadhan, khan? ;)

Trus apa hubungannya dengan lari-lari tadi. Yah, kalo boleh diibaratkan, bulan ini sama dengan -pilihan- lari-lari tadi *loh?*. Gini, Ramadhan ini cuman sebentar aja jika dibandingkan dengan umur kita yang -alhamdulillah- sampai hari ini masih bisa bernafas *nikmat manakah yang akan kau dustakan coba?*. Oleh karena itu perlu kita sadari bahwa kita ini menganggap Ramadhan ini sebagai apa, maraton ato sprint?

Ramadhan seperti maraton... Jika kita sejak awal Ramadhan nyante aja, leha-leha, dan nggak ada bedanya dengan hari-hari biasa, maka itu berarti kita menganggap Ramadhan ini seperti lari maraton. Yah, nyateee abiiis. Rutinitasnya diisi dengan nonton tipi, maen game, molor... Dalihnya tidurnya orang puasa itu khan ibadah *halah*. Ya kalopun dikurs dengan pahala pastilah -ibadah tidur tadi- nilai tukarnya tidaklah seberapa. Keknya rada-rada percuma dech kalo dulu minta ketemu dengan Ramadhan, katanya kangen Ramadhan. Tapi apa... setelah ketemu cuek aja. Nggak ada bedanya.

Beda kalo kita nganggep Ramadhan ini seperti sprint. Ada yang blom tau sprint? Itu loh generasi vespa setelah Super *halah*. Yah, ini maksudnya gini. Kita harus tau dan tau bahwa Ramadhan ini cuman sebentar aja ketemu dengan kita, cuman sebulan. Di waktu yang begitu singkat sungguh eman-eman tenan, sayang seribu sayang kalo kita nggak memanfaatkan momentum yang begitu singkat ini, cuma buang-buang waktu. *Ngeblog termasuk buang-buang waktu gak yah?* Pokoknya sejak awal kita mesti stel kenceng. Ramadhan is such a sprint guys. Lari yang kenceng. Kalo perlu balapan sama temen-temen. Fastabiqul khairat gitu loh. Tambah porsi amal. Kurangi dan HILANGKAN maksiat!!! Pada tau dan hafal khan kalo pada bulan Ramadhan pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Setan-setan dibelenggu. Ato adakah yang -malah- merasa terbelenggu dengan datangnya Ramadhan? Merasa nggak bebas mo ngapa-ngapain gitu... Berarti kalo merasa terbelenggu, artinya... jawab sendiri aja dech ;)

Nah, kalo setan aja dibelenggu, artinya setan nggak bisa menggoda manusia donk. Setan juga lagi puasa, puasa mengganggu manusia. Trus kalo kita masih melakukan maksiat, berarti bukan salah si setan lagi, melainkan murni dari kita. Nggak ada campur tangan setan bukan? Jadi meski setan puasa, tapi mereka berhasil membuat kita melaksanakan ajarannya yang mereka ajarkan selama sebelas bulan sebelumnya. OK, aku ulang lagi. Anggap aja setan lagi puasa mengganggu manusia. So, nggak ada alasan bagi kita untuk menyalahkan setan kalo di bulan Ramadhan kita masih melakukan maksiat. Wal'iyadhubillah.....

No comments: