Saturday, June 14, 2008

Rundll32 Not Found!!!

Bagi para pengguna Window$, paling jengkel kalau ketemu dengan makhluk -emang makhluk?- yang bernama virus. Lagi asyik-asyiknya ngegame kerja, eee... tiba-tiba muka jadi merah, marah-marah, mouse dibanting, keyboard diinjak-injak, monitor ditendang... *halah* Seperti iklan rokok "Nggak ada virus nggak rame..." :D mungkin memang itulah seninya, seperti jika kita makan sambel khan nggak terasa sambel kalo nggak pedes, meskipun cuma sambel kecap... ya to?

Nah, ini berawal dari usulan -apa permintaan?- seorang teman untuk membuat tulisan-tulisan yang bisa berguna bagi orang lain -serta nusa dan bangsa- daripada yang mana beliau sebagai helpdesk sangat membutuhkan akan hal ini *halah*. Melihat beliaunya yang menyebut dirinya sebagai mantan programmer meskipun sebenernya masih jadi programmer. Ckckckck.... kerja tak jemu-jemu.

Wis langsung aja, pagi tadi kedatangan tamu "rundll32.exe not found" sewaktu menjalankan aplikasi. Control Panel dikunci dan setiap membuka file selalu keluar "Open With". Hmm... mesti browse dan mengarahkan ke lokasi file. Coba scan pake PC Media Antivirus (PCMAV) 1.2 cuman dapet satu. Kalong, virus lokal yang dibuat pake VBscript. Udah di-heal, tapi kasusnya masih sama, masih aja muncul rundll32.exe not found waktu menjalankan aplikasi dan Open With nongol waktu membuka file. Guglang-gugling dapet True Sword. Setelah download rampung, langsung dicopy trus install... Badalah... waktu dijalankan yang keluar si Open With. Coba cari cara lain, akhirnya dapet Windows XP File Association. Nah di situ banyak terdapat file-file registry yang bisa dipake buat me-restore apabila ada masalah pada file-file Win XP. Nah, untuk kasus tadi, cukup gunakan satu aja, EXE File Association Fix. Download trus berhubung filenya masih berekstensi zip, ya di-extract dulu. Kalo udah, jalankan di komputer yang bermasalah tadi. Jreng... jreeeng.... Selamat bekerja kembali... :)

No comments: