Thursday, March 31, 2005

blog & flog

Awal mula kenal blog adalah ketika secara tidak sengaja nyasar ke blog teman mbak erna. Dari pertama kali melihat isi blog tersebut, langsung hati ini tertarik. Karena masih blank mengenai blog, terus searching tentang apa itu blog. Dari keyword yang ane gunakan, langsung mengarah ke blognya mas enda. Dari situ mulai sedikit tahu tentang apa itu blog.

Setelah itu, sering sekali ane blogwalking dan baca2 tulisan2 yang dengan penulisan (terkesan) seenaknya dan sering mengaktifkan syaraf tertawa yang alhamdulillah masih befungsi dengan baik. Dan pernah juga, semaleman ane habiskan begadang untuk blogwalking.

Meski demikian, belum ada niat dari hati ane untuk membuat blog sendiri karena masih asyik bergumul dengan desain web konvensional, baik desain sendiri maupun pake portal gratisan.

Akhir tahun 2003 sehabis lebaran ane putuskan untuk membuat blog dengan konsep desain yang soft. Isinya pun lebih banyak didominasi oleh keluh kesah dibandingkan cerita suka citanya. Yah karena keinginan posting itu lebih kuat muncul di waktu berada dalam kondisi bete dan sejenisnya. Selama masa perblogan itu ane jarang sekali blogwalking ke blognya orang2 indon. Nggak tahu kenapa, yang jelas memang kenyataannya seperti itu.

Di bulan Agustus 2004 aku buat blog lagi di blogger. Sempat juga pengin buat di blogdrive, tetapi niat itu ane urungkan. Setelah asyik di blogger, blog pertama ane tadi jadi terlantar.

Seiring waktu yang berlalu, kumendapati sebuah komunitas yang sangat bersahabat. Sifat kekeluargaan yang kental sekali. Sebuah komunitas yang ternyata merupakan tempat berkumpulnya orang2 hebat. Nama2 yang sudah tidak asing lagi tampil di sampul2 buku. Sungguh merupakan suatu hal yang tiada pernah terbayang. Jalinan ukhuwah yang hangat terjalin, meskipun belum pernah ane ikutan kopdar :)

Ngomong2 soal blog, merupakan fenomena tersendiri di mana kegiatan blogging merupakan suatu kegiatan yang semakin banyak digandrungi, khususnya bagi yang sering berinteraksi dengan komputer dan internet. Blog yang merupakan kependekan dari web log yaitu catatan atau log yang disimpan dalam media web. Oleh karena dapat diakses oleh banyak orang, maka kita pun perlu berhati-hati mengenai materi yang akan kita post. Terlebih jika isinya menyangkut hal2 pribadi kita. Sudah pasti kita tidak ingin semua orang mengetahui apa yang menjadi rahasia kita. Mungkin itu adalah fitrah manusia. Begitu pula dengan hidup ini. Hidup yang penuh dengan catatan atau log. Ane ingin mengistilahkan dengan life log atau flog. Itu semua juga tergantung kepada pribadi kita masing2. Apakah kita akan mengisinya dengan catatan baik atau buruk.
Sesungguhnya setiap kita akan melewati siraat yang membentang di atas neraka. Jembatan tersebut tertanam berbagai macam ranjau, bisa ranjau dosa lidah, mata, tangan atau hati kita.Sudah siapkah kita melewati ranjau2 tersebut wahai saudaraku?
Itulah sms dari mantan boss yang masih ane simpen. Sebagai renungan, kita pasti tidak ingin menorehkan catatan2 kotor dalam hidup kita. Memang manusia merupakan tempatnya khilaf dan lupa. Blogger khan juga manusia.

No comments: